Tips dan Trik Rahasia Riset Keyword Dengan Optimal

Posted In Tips dan Trik

 

Riset keyword adalah sebuah metode penelitian dan menjadi salah satu tindakan atau pertimbangan penting yang mesti dilakukan sebelum membangun konten yang SEO friendly. Jika Anda melakukannya, nyata jelas ada berlipat-lipat benefit atau profit yang bisa diperoleh. Anda bisa memperoleh kata kunci atau keyword yang sekiranya bisa dicari dengan banyak orang atau biasa disebut audience.

Namun Tak hanya itu saja, Riset Keyword juga dapat membantu Anda memprediksi seberapa sulit tingkat persaingan anda di mesin pencari seperti google search console. Dengan anda mengoptimalkan Riset Keyword anda dapat mengetahui tingkat persaingan kata kunci di page one mesin pencari. Mereka para blogger yang sudah mahir membidik keyword pun juga membutuhkan tool atau alat Riset Keyword untuk menguji kata kunci dari konten yang akan mereka tulis untuk optimasi SEO on page.

Cara Riset Keyword Tips dan Aturan supaya Hasilnya Maksimal

Jika anda melakukan riset keyword namun hasilnya kurang memuaskan dan kurang tepat dengan target yang kita pikirkan pasti anda merasa sangat kecewa dan merasa putus asa. Tenang anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan Anda dengan Riset Keyword yang anda lakukan sebelumya, sebab kali ini saya akan bantu dengan cara saya bagaimana cara tepat riset keyword untuk konten anda. Lalu apa saja yang harus anda lakukan? silahkan simak tips berikut ini:

1. Menggunakan Tools Berbayar apabila anda mempunyai uang lebih

Anda harus menggunakan sebuah tools yang bisa digunakan memantau volume kunci, kesulitan kata kunci, saran kata kunci, dan juga hasil SERP untuk melakukan riset keyword. Baik gratis maupun berbayar. Tetapi jika ingin hasil yang lebih powerfull sangat direkomendasikan menggunakan tools premium seperti ahrefs atau moz

Menggunakan tools gratis tidak buruk sama sekali. Dengan bahan gratis anda tetap bisa melakukan secara maximal walau hasilnya berbeda dengan tools berbayar perlu anda ingat, hasil yang muncul hanyalah sebuah estimasi bukan sesuatu hal yang benar dan pasti.

2. Dimulai dengan Mencari Volume dan Kesulitan Kata Kunci

Langkah pertama dalam melakukan riset keyword adalah dengan mencari volume dan juga kesulitan keyword. Volume keyword adalah berapa banyak sebuah kata kunci dicari di Google dalam waktu sebulan kebelakang. Sementara itu kesulitan kata kunci atau yang lebih dikenal dengan sebutan keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan keyword untuk bisa menduduki peringkat pertama mesin pencari. Biasanya ditandai dengan skala 0-100. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin berat.

Sementara itu kesulitan kata kunci atau yang lebih dikenal dengan sebutan keyword difficulty merupakan tingkat kesulitan keyword untuk bisa menduduki peringkat pertama mesin pencari. Biasanya ditandai dengan skala 0-100. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin berat.

3. Pilih Keyword Dengan Volume Pencarian yang Tinggi yang Tingkat Kesulitannya Rendah

Ketika anda mensubmit keyword dari kolom input anda akan menemukan hasil tabel berupa turunan keyword dan di kolom sebelahnya anda menemukan matrik angka volume pencarian dan tingkat kesulitan, maka pilih sesuai angka tingkat kesulitan yang mudah atau rendah dan tingkat volume pencarian yang tinggi artinya konten yang anda buat mendapatkan tinggal persaingan yang rendah dengan tingginya pencarian user di mesin pencari.

4. Teliti Terhadap Saran Keyword Turunan atau biasa disebut Long Tail Keyword

Pada hal ini anda akan dibuat bingung memilih Long Tail Keyword , Tenang tidak perlu khawatir anda dapat mengkombinasikan semua keyword sesuai kebutuhan anda dan tetap berpedoman pada panjang judull yang bagus menurut tool SEO milik anda.

5. Cek di Mesin Pencari untuk Cek Kompetitor

Setelah anda memilih keyword jangan langsung memilihnya begitu saja tapi cek di mesin pencari dan lihat kompetitor cek apakah di page one (halaman pertama) terlalu sulit saingan dengan cara cek kualitas website kompetitor.

6. Cara Cek Kompetitor Riset Keyword

Cara cek Kompetitor di mesin pencari terdapat beberapa tools yang bisa dipakai misalnya SEOquake tools berupa extensi di browser bisa anda cari dan install . anda dapat melihat kualitas situs kompetitor dari alexa rank dan lainnya

Demikian tips singkat yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda . Sebenarnya masih panjang dan lebih detail lagi jika mengulas soal SEO terdapat banyak metode yang dapat digunakan dan tool canggih yang dapat kita manfaatkan

Di artikel Berikutnya akan lebih banyak lagi di bahas mengenai tips – tips tentang Riset Keywords dengan banyak tools seperti misalnya Ubersuggest, Semrush, aHref, dan masih banyak lagi yang lainnya dan pastinya ada rahasia besar untuk membuat tools mahal tersebut menjadi murah. Ikuti terus website kami dan tunggu artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *